Skip to main content

Ngopi Di Pesantren. Renungan Dan Kisah Inspiratif Kiai Dan Santri



Ngopi Di Pesantren. Renungan Dan Kisah Inspiratif Kiai Dan Santri

 "Sebelum listrik masuk kampung, tepatnya, sebelum digantikan oleh telivisi, masih kita dapati di desa-desa, kalau bulan purnama terbit benderang, anak-anak berkumpul di surau, diserambi masjid, atau menggelar tikar di halaman rumah. Do-you-belong-to-one-of-five-indigo.

Lalu seorang kakek duduk di tengah-tengah mereka. Kakek itu bercerita tentang dongeng-dongeng, riwayat para Nabi, sejarah para pahlawan yang berjasa, atau kisah-kisah fabel dan imajiner yang mengandung ajaran kearifan yang diperkaya dengan peribahasa-peribahasa lokal yang sangat terselip diantara dongeng itu juga, ajaran etika, kepekaan-kepekaan sosial serta kehalusan perasaan. Ngopi adalah membaca perjalanan. Mengeja alif ba takehidupan. Detox-diet-weight-loss-soup.

Dalam lautan Iqro-Nya. Memberi mubtada dan mencari khobar-Nya, memaknai fiil dan mentarkib fail maful-Nya. Sampai ketemu dengan jelas, kalam firman-Nya. Irodah dalam ayat kauniyah-Nya. Seruputan yang dalam, menandai makna itu telah terengguk.Es-cream-coklat.

KH. Kafabihi Mahrus

Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo




Comments

Popular posts from this blog

Kadang-Kadang

*Kadang-Kadang* Symptoms-and-signs-of-detox-diet. Kadang-kadang kita hanya perlu DIAM dalam memberi komen.. Kadang-kadang kita hanya perlu DIAM dalam menegur.. Kadang-kadang kita hanya perlu DIAM dalam memberi nasihat.. Kadang-kadang kita hanya perlu DIAM dalam memprotes.. Kadang-kadang kita hanya perlu DIAM dalam persetujuan.. tapi.. Biarlah DIAM kita mereka faham artinya.. Biarlah DIAM kita mereka terkesan maknanya.. Biarlah DIAM kita mereka maklum maksudnya.. Biarlah DIAM kita mereka terima tujuannya.. How-to-recognise-indigo-children-and. kerana.. DIAM kita mungkin disalah tafsir DIAM kita mungkin mengundang syak wasangka DIAM kita mungkin disilap terjemah.. DIAM kita mungkin tidak membawa apa-apa maksud.. maka.. jika kita merasakan DIAM itu terbaik.. seharusnya kita DIAM.. namun seandainya DIAM kita bukanlah sesuatu yang bijak.. berkatalah sehingga mereka DIAM… Cool..... Es-krim-vanilla-spesial.

RENUNGAN KISAH SUAMI ISTRI DI USIA SENJA

RENUNGAN KISAH SUAMI ISTRI DI USIA SENJA ✌ Disebuah rumah sederhana yang asri, tinggal sepasang suami istri yang sudah memasuki usia senja. Pasangan ini dikaruniai dua orang anak yang telah dewasa dan memiliki kehidupan sendiri yang mapan. 💢 Sang suami merupakan seorang pensiunan sedangkan istrinya seorang ibu rumah tangga. Suami istri ini lebih memilih untuk tetap tinggal dirumah, mereka menolak ketika putra-putri mereka menawarkan untuk ikut pindah bersama mereka. Diabetic-turkey-chipotle-chili. 💢 Jadilah mereka, sepasang suami istri yang hampir renta itu menghabiskan waktu mereka yang tersisa dirumah yang telah menjadi saksi berjuta peristiwa dalam keluarga itu. 💢 Suatu senja ba’da Isya disebuah masjid tak jauh dari rumah mereka, sang istri tidak menemukan sandal yang dikenakannya ke masjid tadi. Saat sibuk mencari, suaminya datang menghampiri seraya bertanya mesra : “Kenapa Bu?” Istrinya menoleh sambil menjawab “Sandal Ibu tidak ketemu Pak”. “Ya sudah pakai

The Wise Man

The Wise Man Short Moral Stories - The Wise Man People have been coming to the wise man, complaining about the same problems every time. One day he told them a joke and everyone roared in laughter. Diabetic-low-fat-baby-shrimp-tarragon. After a couple of minutes, he told them the same joke and only a few of them smiled. When he told the same joke for the third time no one laughed anymore. The wise man smiled and said: Greek-style-15-minute-pita-pizza.  “You can’t laugh at the same joke over and over. So why are you always crying about the same problem?”  Moral of the story: Resep-ayam-kukuluyuk. Worrying won’t solve your problems, it’ll just waste your time and energy. Don't worry...Cool!