Skip to main content

SAHABAT DUNIA AKHIRAT


SAHABAT DUNIA AKHIRAT






Dalam sebuah hadits, diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Perumpamaan orang yang bergaul dengan orang yang shalih dan orang yang bergaul dengan orang yang buruk seperti penjual minyak wangi dan tukang tempa besi. Pasti kau dapatkan dari pedagang minyak wangi apakah kamu membeli minyak wanginya atau sekadar mendapatkan bau wewangiannya, sedangkan tukang tempa besi akan membakar badanmu atau kainmu atau kami akan mendapatkan bau yang tidak sedap.”[i]ntroduction-to-detoxification.
Islam mendorong kita untuk mengelilingi diri kita dengan teman-teman yang baik yang dengannya kita meraih rahmat Allah. Sahabat memiliki pengaruh besar dalam hidup kita, dan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama cenderung berkumpul bersama. Orang-orang yang kita pilih sebagai orang terdekat bisa membantu kita dalam jalan Allah, atau menarik kita menjauhinya. Sahabat dapat menuntun kita menjauh dari dosa, atau mengabaikan saja saat kita melakukan dosa. Mereka dapat membantu kita memperbaiki kesalahan, atau mengesampingkan kekeliruan kita. Sahabat sejati adalah ia yang membantu kita menjadi orang yang lebih baik.
Banyak hadits yang menjabarkan bagaimana dua orang, baik pria maupun wanita, yang saling mengasihi karena Allah dijanjikan tempat tertinggi di surga. Dengan kata lain, “bff (best friends forever alias sahabat untuk selamanya)” merupakan istilah yang telah ada dalam Islam lebih dari 1.400 tahun.
Ayat Qur’an di bawah ini mengingatkan kita untuk bersikap sangat berhat-hati dalam memilih teman (Al-Furqan 27-29):
“Dan (ingatlah) hari (ketika itu) orang yang zalim menggigit dua tangannya, seraya berkata: ‘Aduhai kiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama-sama Rasul. Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan si fulan itu teman akrab(ku). Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Al Qur’an ketika Al Qur’an itu telah datang kepadaku. Dan adalah setan itu tidak mau menolong manusia.’”Indigo-child-signs-and-types.
Persahabatan dalam Islam dibangun di atas keinginan untuk saling memberi, untuk berbahagia untuk sesama, untuk menjadi pelindung sesama, dan untuk menjadi rekan mengarungi jalan Allah. Nabi Muhammad SAW diriwayatkan bersabda, “Orang-orang mukmin adalah seperti sebuah tubuh. Jika kepalanya sakit, maka anggota tubuh lainnya ikut merasakan sakit beserta demam dan sulit tidur. ”[ii]
Jadi apa itu teman baik menurut Islam? Islam mendorong kasih sayang terhadap saudara, jadi sahabat Muslim sejati adalah mereka yang tidak mengabaikan sesama, dan yang bertenggang rasa dan saling memaafkan. Seperti yang disebutkan dalam Qur’an (Ali Imran: 134):
“(Yaitu) orang-orang yang menafkahkan hartanya, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”
Sifat ceria dan wajah penuh senyum adalah perekat persahabatan. Bahkan senyum adalah amal dalam Islam. Ketulusan memperkuat persahabatan. Teman yang menjaga kita agar tetap berada dalam jalan yang benar adalah teman yang harus dijaga. Bersikap setia dan baik hati, berpikiran baik tentang teman-teman kita dan tidak pernah membicarakan keburukan di belakang temannya adalah kualitas yang terdapat pada teman yang baik.
Seperti halnya kita berdoa untuk diri sendiri, kita juga harus mendoakan teman kita, untuk hidupnya kini dan nanti. Dalam sebuah hadits lainnya, Nabi Muhammad SAW diriwayatkan bersabda. “Doa seorang Muslim untuk saudara (Muslim lainnya) yang tidak berada di hadapannya akan dikabulkan oleh Allah.”[iii]
Untuk menjadi sahabat sejati yang bersatu untuk menyenangkan Allah sama dengan memiliki persahabatan yang dirahmati-Nya. Lanjutkanlah, teruslah jadi sahabat Muslim yang baik untuk selamanya – tidak hanya di dunia ini, namun hingga di akhirat nanti.Resep-chicken-wings-curry-with-pakis.
Artikel ini pertama kali terbit di majalah Aquila Style edisi Juli 2012.
SAHABAT DUNIA AKHIRAT. VIDEO





Comments

Popular posts from this blog

Kadang-Kadang

*Kadang-Kadang* Symptoms-and-signs-of-detox-diet. Kadang-kadang kita hanya perlu DIAM dalam memberi komen.. Kadang-kadang kita hanya perlu DIAM dalam menegur.. Kadang-kadang kita hanya perlu DIAM dalam memberi nasihat.. Kadang-kadang kita hanya perlu DIAM dalam memprotes.. Kadang-kadang kita hanya perlu DIAM dalam persetujuan.. tapi.. Biarlah DIAM kita mereka faham artinya.. Biarlah DIAM kita mereka terkesan maknanya.. Biarlah DIAM kita mereka maklum maksudnya.. Biarlah DIAM kita mereka terima tujuannya.. How-to-recognise-indigo-children-and. kerana.. DIAM kita mungkin disalah tafsir DIAM kita mungkin mengundang syak wasangka DIAM kita mungkin disilap terjemah.. DIAM kita mungkin tidak membawa apa-apa maksud.. maka.. jika kita merasakan DIAM itu terbaik.. seharusnya kita DIAM.. namun seandainya DIAM kita bukanlah sesuatu yang bijak.. berkatalah sehingga mereka DIAM… Cool..... Es-krim-vanilla-spesial.

The Wise Man

The Wise Man Short Moral Stories - The Wise Man People have been coming to the wise man, complaining about the same problems every time. One day he told them a joke and everyone roared in laughter. Diabetic-low-fat-baby-shrimp-tarragon. After a couple of minutes, he told them the same joke and only a few of them smiled. When he told the same joke for the third time no one laughed anymore. The wise man smiled and said: Greek-style-15-minute-pita-pizza.  “You can’t laugh at the same joke over and over. So why are you always crying about the same problem?”  Moral of the story: Resep-ayam-kukuluyuk. Worrying won’t solve your problems, it’ll just waste your time and energy. Don't worry...Cool!

RENUNGAN KISAH SUAMI ISTRI DI USIA SENJA

RENUNGAN KISAH SUAMI ISTRI DI USIA SENJA ✌ Disebuah rumah sederhana yang asri, tinggal sepasang suami istri yang sudah memasuki usia senja. Pasangan ini dikaruniai dua orang anak yang telah dewasa dan memiliki kehidupan sendiri yang mapan. 💢 Sang suami merupakan seorang pensiunan sedangkan istrinya seorang ibu rumah tangga. Suami istri ini lebih memilih untuk tetap tinggal dirumah, mereka menolak ketika putra-putri mereka menawarkan untuk ikut pindah bersama mereka. Diabetic-turkey-chipotle-chili. 💢 Jadilah mereka, sepasang suami istri yang hampir renta itu menghabiskan waktu mereka yang tersisa dirumah yang telah menjadi saksi berjuta peristiwa dalam keluarga itu. 💢 Suatu senja ba’da Isya disebuah masjid tak jauh dari rumah mereka, sang istri tidak menemukan sandal yang dikenakannya ke masjid tadi. Saat sibuk mencari, suaminya datang menghampiri seraya bertanya mesra : “Kenapa Bu?” Istrinya menoleh sambil menjawab “Sandal Ibu tidak ketemu Pak”. “Ya sudah pakai